Trend Topi Jadul yang Hits Kembali

Bro, kalian termasuk pecinta topi nggak sih? Topi model seperti apa yang menjadi favorit kalian?

Tahu nggak, kalau ada lho topi yang lahir di era 1920’an dan kini menjadi tren kembali? Mau tahu topi dengan model seperti apa saja itu?

1. Newsboy Hats

pinterest.com

 

Model topi newsboy hat ini memang sudah tidak asing di mata kita. Pasalnya, topi ini cukup sering muncul di adegan adegan film layar lebar.

Kalau kita artikan secara harfiah, arti dari News Boy Hat ya gak salah lagi; Topi Tukang Koran. Dan dalam mengistilahkan topi jenis ini di luar negeri sana paling tidak ada delapan nama yang menjadi istilah untuk topi yang di sini (orang Indonesia) menyebutnya dengan topi Pak Tino, atau topi pelukis.

Sebab jamak orang yang tahu kalau Pak Tino adalah seorang seniman gambar (pelukis) yang kerap menggunakan jenis topi ini setiap tampil di TVRI dulu.

8 Nama untuk Istilah Topi selain News Boy Hat:

  • Applejack Hat and Lundberg Stetson,
  • Page Boy,
  • Fisherman’s Cap,
  • Cabbie, Jay Gatsby,
  • Eight Panel,
  • Eight Piece Cap,
  • Apple Cap,
  • Baker Boy.

Topi News Boy ini sudah populer di Amerika Serikat sejak penghujung abad 19 atau awal abad 20-an. Topi ini sejak awal dikenal dikenakan oleh semua kalangan mulai dari masyarakat biasa hingga orang terpandang. Sehingga terbilang topi yang universal digunakan oleh siapa saja.

Barulah pada 1910, di Amerika Serikat Topi News Boy dikenakan oleh kalangan buruh alias pekerja kelas bawah. Adalah para loper koran (news boy) yang kerap mengenakan topi berbentuk bulat dengan lidah topi yang kuat tersebut.

Karena terlalu seringnya tertangkap kamera fotografer, loper-loper koran yang mengenakan topi-topi tersebut maka mulailah dikenal dengan istilah News Boy Hat. Adapun kalangan ningratnya, mengenakan topi ini pada acara-acara tertentu seperti rekreasi atau bermain golf.

Setelah lama tidak terdengar, trend topi News Boy kembali marak. Khususnya di Indonesia – sekira tahun 2000 orang-orang ramai mengenakan topi ini. Sebab setelah jenuh dengan mode kekinian, beberapa kalangan kembali menyuarakan back to old school, oldies atau vintage style.

2. Fedora Hats

pinterest.com

Kalau yang ingin bergaya nih, pasti pakai topi dengan model seperti ini. Fedora hats bisa digunakan untuk kaum adam namun juga bisa untuk cewek lho. Dengan kesan cool dan misterius, pastinya akan membuat kamu makin kece.

3. Boater Hats

australiaonlineblog.over-blog.com

Topi ini biasa digunakan untuk mendatangi acara-acara resmi sih ya.

Umumnya dikenakan oleh para pejabat atau pengusaha.

4. Gambler Hats

leathercoatsetc.com

Nah, kalau topi yang satu ini sudah terkenal dengan sebutan topi koboi.

Yaps, sebenarnya bisa dipakai kapan aja sih nggak harus saat berkuda.

Gimana bro, kalian nggak nyangka kan kalau topi yang saat sedang tren ternyata udah lahir sejak tahun 1920’an?

Dijamin deh ya, kalian pasti belum ada yang lahir.

Yuk, pakai topi tren dengan model ini biar kekinian, bro!

Sumber: tribunstyle.com