“Trend” Sarung Presidan Jokowi yang Viral di Sosial Media

Selalu ada saja gaya busana presiden RI, Jokowi yang mencuri perhatian. Setelah boomber jaket yang kemudian menjadi tren, berbelanja sepatu, hingga aksesori payung yang digunakannya saat mengiikuti Sholat Jumat pada aksi damai beberapa waktu lalu.

Sementara itu, blusukan ke mall sepertinya sudah menjadi agenda rutin orang nomor satu di Indonesia. Selain melihat jalannya perekonomian masyarakat secara langsung, Jokowi selalu tidak pernah absen untuk berbelanja di sana. Seperti yang dilakukannya pada kunjungan ke Pekalongan, Jawa Tengah.

Jokowi juga menyempatkan waktu untuk berbelanja sarung di Plaza Pekalongan. Sontak masyarakat langsung berkerumun melihat kunjungan kepala negara ini. Jokowi membeli dua sarung dengan harga Rp 60 ribu dan Rp 425 ribu.

Gaya busana Jokowi saat mengunjungi salah satu kota batik terbesar ini viral di media sosial. Selama kunjungan kerja di Pekalongan pada Minggu (8/1/2017), presiden mengenakan pakaian kemeja putih dibalut jas hitam dan memakai bawahan sarung berwarna cokelat muda.

Presiden mengenakan sarung sejak berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta untuk mengikuti prosesi perayaan Maulid Nabi pada pondok pesantren di Pekalongan. Tampilannya dengan padu padan jas dan sarung ini ternyata untuk menghadiri acara di pondok pesantren. Jokowi menyambangi Pondok Pesantren At Taufiqy dan mengikuti perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 Hijriah di Gedung Kanzus Sholawat, Kota Pekalongan.

Selain pada kunjungan ke Pekalongan, Jokowi juga kerap tampil dengan sarung saat bersantai. Gaya busananya yang sederhana ini ia gunakan saat pergantian tahun 2017 dengan menggunakan padu padan kemeja putih dan sarung kotak-kotak berwarna hitam keabuan. Sontak foto Jokowi di malam pergantian tahun baru dengan mengenakan sarung ini viral di media masa.

Tampilan dengan gaya sarung ini juga Jokowi gunakan saat duduk di waduk Pembangkit Lisrik Tenaga Listrik di Nias Sumatera Utara, yang diunggah oleh akun Twitter @Jokowi pada 19 Agustus 2016. Tampaknya sarung menjadi salah satu bawahan yang bagi Jokowi memberikan kenyamanan.

Hal ini menjadi pelajaran untuk kita sebagai anak muda, jangan malu untuk menggunakan sesuatu yang bersifat tradisional, karena itu merupakan salah satu jati diri bangsa kita

Sumber: Liputan6