Tips Memanfaatkan Kaos Bekas

Kaos adalah pakaian sejuta umat. Tergantung dari bahan dan desainnya, kaos bisa dipakai ke mana aja. Bisa dipakai untuk tidur, untuk main, kuliah, atau bahkan kondangan. Tapi ya itu tadi, tergantung memadukannya juga. Bahkan kaos yang udah bolong lebih dari empat (selain bolongan leher, tangan, dan bagian bawah) pun masih dipertahankan. Soalnya kaos yang udah bolong-bolong gini adem buat dipakai tidur, secara lubang ventilasinya nambah.

Kalau kamu termasuk orang yang sayang banget untuk merelakan kaos kamu berpindah tangan, mungkin kamu bisa memanfaatkannya dengan mengubahnya menjadi item berikut ini. Yuk, disimak!

1. Vest

Supaya nggak terkesan terlalu kasual atau santai waktu pakai kaos, kamu bisa memadukannya dengan outerwear kayak jaket, vest, kardigan, atau hoodie. Kaos juga bisa loh dijadikan vest. Caranya gini…

diy-kaos-vest

  • Yang kamu perlukan: Kaos lengan pendek, gunting, jarum dan benang, tambahan studs, lem, pola kerah.
  • Caranya: Kamu perlu menggunting bagian tengah depan kaos dan juga kedua lengannya sampai batas ketiak. Supaya makin kece jahit kerah ke vest kamu yang hampir jadi ini. Warnanya nggak harus sama dan bisa kamu dapatkan di toko pernak-pernik. Kalau suka, tambahin juga studs di bagian bahunya.

2. Sarung Bantal

Kamu punya kaos band yang udah nggak mau dipakai tapi sayang untuk disumbangin? Jadiin sarung bantal aja. Bantal kecil untuk di sofa itu loh. Lumayan nih buat ganti atau jadi cadangan sarung bantal lama.

diy-kaos-bantal

  • Yang kamu perlukan: Bantal yang mau disarungin (atau kalau mau bikin dari nol, siapin isian dari polyester, benang, gunting, pensil, meteran jahit.
  • Caranya: Buat pola di bahan kaosmu dengan bantuan meteran jahit dan tandai dengan pensil. Gunting dan masukkan bantal atau bahan isian bantal. Dan jahit semua sisinya dengan rapi. Beres deh.

3. Tas

Yep, kaos juga bisa kamu jadiin tas. Lumayan nih buat belanja atau jalan-jalan sebentar. Asal jangan dipakai pas musim hujan aja ya. Kalau nggak bisa menjahit juga nggak masalah. Tasnya bisa dibikin tanpa pakai metode jahit apapun. Langsung aja…

diy-kaos-tas-1

  • Yang kamu perlukan: Kaos lengan pendek atau tanpa lengan, dan gunting.
  • Caranya: Kalau pakai kaos yang ada lengannya, gunting lengannya itu. Terus gunting bagian kerahnya jadi mirip V-neck. Terus kita bikin supaya bagian bawahnya jadi fringe alias berjumbai-jumbai. Potong bagian depan dan belakang kaos kira-kira selebar 1-2 cm, sampai berbentuk kayak gini.
  • Terus ikat bagian depan dan belakangnya. Ikat yang kencang tapi jangan terlalu kencang juga, takutnya nanti kaosnya malah sobek. Hasil akhirnya kayak gini, deh.

diy-kaos-tas-2

4. Tenda Mini

Ini cocok banget untuk kamu yang punya peliharaan seperti kucing atau mungkin kelinci dan hamster. Kaos kamu bisa dijadiin tenda untuk tempat main mereka.

diy-tenda-kucing

  • Yang kamu perlukan: Dua gantungan kawat, kardus bekas berbentuk persegi, lakban, dan kaos.
  • Caranya: Kardus akan dijadikan alas dan kawatnya akan jadi kerangka. Buat empat lubang di setiap sudut kardus. Bengkokkan kedua kawat sampai bentuknya seperti busur dan taruh melintang. Masukkan ujung kawat ke lubang yang sudah kamu buat. Amankan dengan lakban di bagian atas di mana kedua kawat itu bertemu dan juga di balik lubangnya, supaya nggak ada kawat mencuat. Setelah aman, bungkus deh dengan kaos. Tadaaa! Tenda mini ini udah siap jadi markas baru untuk peliharaan kamu.

5. Kain Serbaguna

Kalau terlalu malas untuk nyoba tutorial ini, kasih aja ke ibu kamu. Ini udah paling bener. Beliau akan memanfaatkannya jadi kain serbaguna. Asal jangan kaget kalau tiba-tiba kaos yang pernah jadi kesayangan kamu berubah jadi keset atau kain lap di dapur. :v

 

Sumber: Viva

kikaos

Azzahra adalah admin yang bertugas mengelola dan merawat blog ini, aktif dalam internet marketing dan juga sebagai social buzzer.